17/01 Laban– Bertempat di halaman Kecamatan Mojolaban Upacara hari kesadaran nasional selasa 17 Januari 2018 dengan Inspektur Upacara bapak camat mojolaban Iwan Setyono, M.Hum mengawali upacara di awal tahun 2018. Tampak hadir  jajaran Muspika Mojolaban serta Para Kepala Desa Sekecamatan Mojolaban beserta jajaran staf Desa. Suasana beda terlihat dari banyaknya peserta yang memenuhi halaman kecamatan mojolaban. Dikarenakan kini kelengkapan perangkat desa suda terpenuhi sesuai kebutuhan masing masing desa.

Upacara Hari Kesadaran Nasional  yang dilaksanakan tanggal 17 setiap bulannya merupakan suatu ketentuan yang harus dilaksanakan dan diikuti dalam upaya peningkatan disiplin sebagai abdi pelayanan negara dan abdi masyarakat guna melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Dalam Amanat Upacara camat mojolaban iwan setyono  mengingatkan dengan adanya tambahan personil aparat desa maupun kecamatan harus maksimal pelayananya, utamanya tugas dari para kadus dalam hal penarikan pajak harus disertai kedisiplinan dan tanggung jawab sebagai aparat atau pamong.

Dalam sesi upacara tersebut juga terdapat penandatanganan komitmen dan penyerahan sertifikat ODF (Open Defecation Free) oleh bapak camat kepada kepala desa laban juga  kepala desa se mojolaban yang telah memenuhi kriteria desa ODF. ODF sendiri adalah upaya penkondisian individu dalam satu komunitas untuk buang air besar sembarangan dimana pembuangantinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan hingga harus diwujudkan akses masyarakat pada jamban mencapai 100%. ( rto)