Sukoharjo, Pemilihan Ketua RW 02 Kampung Laban kulon sebagai gambaran suasana keterbukaan demokrasi di laban. menjadi ‘Gong” akhir rentetan gelaran pemilhan RT RW se desa laban yang harus diselesaikan hingga akhir juli 2018.

Pemilihan RW yang dilakukan menyerupai Pemilihan Umum ini menjadi hal yang menarik dan menyedot antusias yang tinggi dari warga. Terdapat surat suara resmi seperti halnya pada pemilihan umum, berupa foto dan nama pada kertas ukuran A5. Dimana calon terpilih berdasar rembug uji kualitas kelayakan oleh para,ketua RT, dan masukan tokoh masyarakat, di rw 2 sendiri dihadirkan tokoh dari masing2 rt untuk maju menjadi kandidat.

 

Pemilihan Rw sebagai bagian puncak demokrasi “sangat diapresiasi sebagai pemilihan Ketua RW dari rumah ke rumah karena tiap KK (Kepala Keluarga) berhak atas satu suara”
Berdasarkan pantauan dilokasi, pada saat pendaftaran,proses pencoblosan hingga penghitungan suara yang didapatkan semua calon, tepuk tangan riuh serta yel-yel dan gelak tawa dari warga membahana sehingga suasana keakraban terasa walaupun dalam pemilihan.

 

Agus Winarno , S.E yang menjadi ketua Pemilihan menuturkan “dengan satu kk satu suara kami mengharapkan laban yang lebih baik begitu juga dengan hadirnya para calon berkualitas diharapkan pemilihan berlangsung damai dengan siapapun yang menang. sepertiinya dari banyaknya yang hadir adalah representasi dimana warga sangat antusias mengikuti”.

Sementara itu dalam sambutanya kadus 1 setiyadi raharjo menyatakan pemilihan ketua rw ini merupakan wujud keinginan warga untuk pemimpin mereka. setelah semua pemilihan RT dan RW berjalan dan mendapati ketua yang baru, maka pemerintah desa akan melantik seluruh ketua RT dan RW yang baru.Kemudian kami akan menggelar Musrenbang yang akan diprogramkan baik RT dan RW.Program itu seperti penambahan atau perbaikan infrastruktur diseluruh desa laban.
Dari hasil pemilihan ketua RW, nomor urut 6 Eko wiyatno yang merupakan calon petahana mendapatkan suara tertinggi , disusul nomer 4 suwando dengan selisih hanya 10. Ketika dikonfirmasi Ketua RW eko wiyatno mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah memilihnya. “Ini adalah sebuah amanat yang kedua kalinya bagi saya pribadi. Terima kasih atas kepercayaannya selama ini, dan Insya Allah kami akan memajukan laban yang lebih baik lagi”.